Resep Awet Muda

Siapa yang tak mau berumur panjang? Untuk memperpanjang usia, berbagai macam cara dilakukan, mulai makan makanan bergizi, olah raga teratur hingga rekreasi yang menyenangkan jiwa. Sebenarnya ada cara mudah untuk membuat kita panjang umur. Berteman. Teman bukan hanya seseorang yang bisa diajak saling berbagi baik dalam keadaan susah ataupun senang, tetapi juga lebih dari itu.
Menurut sebuah penelitian, berteman ternyata dapat membuat hidup kita lebih panjang. Sebuah penelitian di Australia menemukan sebuah kelompok yang dihuni oleh teman-teman baik, lebih dari sekadar keluarga, menjadi faktor utama para orang lanjut usia bertahan hidup lebih lama.
Penelitian menyimpulkan hubungan yang erat dengan anak dan famili memiliki sedikit pengaruh pada tingkat ketahanan hidup selama lebih dari 10 tahun sementara hubungan yang erat dengan teman memiliki kesempatan bertahan jauh lebih baik. Mereka yang memiliki banyak teman dan hubungan mereka sangat kuat hidup lebih panjang dibanding mereka yang memiliki sedikit kawan.
Hal ini bisa terjadi karena teman memilik pengaruh yang besar pada kebiasaan seperti merokok, minum dan olahraga.Mungkin ini salah satu sebab kakek-nenek yang dititipkan di panti jompo bisa berumur lebih panjang ketimbang mereka yang ‘dikurung’ di sangkar emas tanpa teman berbagi.

0 komentar:

Posting Komentar